Masalah yang Biasa Dialami Ibu Menyusui

Selamat bagi Bunda yang sudah berhasil melahirkan sang buah hati. Entah itu melalui proses persalinan pervaginam ataupun melalui operasi Bunda sudah berhasil melalui fase yang cukup berat. Apakah Bunda sudah memilih nama bayi untuk sang buah hati?

newborn-baby-feet-basket2.jpeg

Nah fase berat lainnya setelah melahirkan adalah menyusui. Fase ini cukup berat apalagi di tengah gencarnya promosi susu formula. Banyak orang beranggapan susu formula lebih baik dari ASI. Padahal pada kemasan susu formula sudah dituliskan jika ASI adalah makanan terbaik untuk bayi.

Bunda yang baru saja menyusui tidak boleh putus semangat. Percayalah jika ASI Bunda lebih baik dari susu formula. Meski susu formula memang diperbolehkan tetapi dengan indikasi medis tertentu.

 

Masalah yang Biasa Dialami Ibu Menyusui

Menyusui memang terkadang tidak dapat berjalan dengan lancar. Produksi ASI terkadang tersendat dikarenakan beberapa hal. Bisa dikarenakan Bunda stres atau kurang asupan makanan saat menyusui. Selain masalah ASI, payudara membengkak dikarenakan ASI berlebih juga dapat membuat Bunda kurang nyaman.

 

Jika ASI Kurang Lancar

Bunda merasa produksi ASI belum memcukupi si kecil? Jangan berkecil hati. Karena ada banyak cara memperbanyak ASI. Salah satunya dengan memakan daun katuk. Daun katuk memang dipercaya dapat memperlancar ASI. Jika Bunda kesulitan untuk mencari daun katuk Bunda dapat menggunakan suplemen pelancar ASI yang lebih praktis.

Selain menggunakan suplemen ASI booster, Bunda juga harus memperbanyakan asupan makan dan minum. Hal ini yang terpenting untuk ibu menyusui. Pastikan asupan makanan yang Bunda makan memiliki gizi seimbang, sehingga ASI juga memiliki kualitas yang baik.

Stres pada ibu menyusui juga dapat menghambat kelancaran ASI. Sehingga ibu menyusui harus selalu dalam keadaan rileks agar produksi ASI tetap lancar dan si kecil nyaman saat menyusui.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s