Tahapan Pemanasan Suara Saat Belajar Vocal

Dalam belajar vocal kita kadang terlalu memaksakan suara yang akan kita keluarkan saat bernyanyi. Padahal dalam bernyanyi ada teknik teknik tertentu yang bisa membuat kamu menghasilkan suara dengan lebih baik lagi. Belajar vocal dasar adalah untuk mempersiapkan otot di mulut, tenggorokan, lidah, dan diafragma. Menerapkan teknik-teknik pemanasan sederhana ini akan membuat kontrol napas, artikulasi, proyeksi, jangkauan, dan nada kamu lebih mudah dihasilkan ketika hendak melakukan atau berlatih.

belajar_vocal

Kali ini kita akan berikan tahapan melatih suara kamu saat belajar vocal agar lebih jelas dan terdengar bagus. Diantaranya adalah :

  • Menggulung bibir. Ini adalah cara terbaik untuk pemanasan saat belajar vocal di semua area jangkauan kamu tanpa menyebabkan ketegangan, serta dengan bebas menaikkan jangkauan, mengompresi nada untuk mencapai nada yang lebih tinggi, sambil melonggarkan rahang, lidah, dan bibir. Idenya adalah meniup melalui bibirmu, sampai bergetar dengan cepat. Ambil napas dalam-dalam, lalu tiup di antara bibirmu. Tidak terlalu longgar. 
  • Bersenandung. Latihan sederhana lainnya untuk pemanasan vocal adalah bersenandung. Meningkatkan “resonansi internal” yang dihasilkan oleh pita suara akan meningkatkan kapasitas kamu untuk mendengar dan lebih memahami nada suaramu secara internal. Mulailah dengan membuat suara hmm. Kamu harus membiarkan nada bergeser ke atas saat bersenandung. Saat nada meningkat, kamu akan mulai merasakan perasaan seperti dengung di hidungmu. Kamu bahkan mungkin merasakannya di mata, sampai ke kepala. Coba latihan ini: Bersenandunglah 4 not pertama dari skala dasar saat mulai belajar vocal. Hum do re mi fa, lalu coba terbalik, kembali lakukan.
  • Slide & Sirene. Buka tenggorokan dan biarkan udara bergerak maju, meluncur naik turun pitch dalam transisi yang halus dan lembut. Tingkatkan volume dan nada dengan melakukan peregangan. Tidak mendorong, menghindari ketegangan.
  • Pelatihan Lidah. Alternatif yang sangat baik untuk getar bibir, terutama jika kamu kesulitan memantau aliran udara yang terkontrol. Tahapan ini menggunakan prinsip yang sama ketika kamu mengeluarkan napas dan dengan lembut menahan aliran dengan cara yang terkontrol saat lidah bergetar dengan udara yang lewat.

Ingatlah untuk selalu melakukan pemanasan saat belajar vocal agar kamu bisa mengeluarkan suara terbaikmu. Semoga informasi diatas bisa membantumu dalam belajar vocal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s