Cara Belajar Gitar Dimulai Dengan Berlatih Membaca Tab Musik

cara_belajar_gitar

Memainkan tab merupakan bagian cara belajar gitar yang harus diperdalam. Gunakan tab musik sheet. Jika Anda belum tahu cara membaca notasi musik, perlu banyak waktu untuk menghafal dan mahir membaca lembaran musik. Tab adalah cara yang lebih mudah dan lebih intuitif untuk menulis musik untuk pemula yang tidak memerlukan pendidikan formal. Tab hanya akan memberi tahu Anda di mana harus meletakkan jari Anda di papan fret dan bagaimana cara memainkan lagu secara umum. 

Meskipun musik sheet tradisional dapat memberi tahu Anda durasi catatan dalam sebuah lagu, tab mengharuskan Anda untuk mendengarkan musik itu sendiri. Jika Anda tertarik memainkan instrumen lain, Anda harus belajar cara membaca notasi musik, jadi notasi musik tak hanya untuk cara belajar gitar saja.

Pelajari cara belajar gitar dengan mulai mempelajari membaca tab dalam notasi musik. Tab akan memiliki enam garis yang mewakili string Anda, bersama dengan angka yang menentukan di mana Anda harus meletakkan jari-jari Anda. Angka-angka tersebut mewakili fret di mana Anda harus menahan string. A 1 berarti fret pertama, 2 berarti fret kedua, dan seterusnya. Angka dalam progresi berarti Anda menahan fret individu pertama dan memilih catatan, lalu pindah ke yang berikutnya, dan seterusnya secara berurutan. Angka-angka pada garis vertikal yang sama dimaksudkan untuk dimainkan secara bersamaan sebagai akor. 

Tab dibaca dari kiri ke kanan. Ini menentukan riff gitar yang ingin Anda pelajari. Dengarkan lagu-lagu gitar akustik yang Anda sukai dan pilih satu yang ingin Anda pelajari. Saat menemukan lagu pertama Anda, cobalah untuk menemukan lagu yang memiliki progresi akor yang mudah. Dengarkan lagu dan tentukan berapa banyak perubahan akor yang dimilikinya dan kecepatan lagu dimainkan. Jika tidak ada banyak akor atau lagu yang tampaknya mudah dimainkan, Anda harus memilih lagu itu sebagai lagu pertama yang Anda pelajari.

Lagu-lagu mudah untuk dipelajari termasuk “Three Little Birds” oleh Bob Marley, “Hey There Delilah” oleh Plain White T’s, dan “Upside Down” oleh Jack Johnson.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s