Alasan Lead Management Software Penting untuk Bisnis

jala03

Lead management merupakan salah satu unsur penting yang harus dimiliki oleh para pelaku usaha dalam menjaga stabilitas bisnisnya. Sebab, tidak semua lead yang dimiliki lantas memutuskan untuk melakukan pembelian produk atau jasa yang ditawarkan. Kejadian di mana lead yang sudah memiliki kans besar untuk melakukan pembelian dan akhirnya lepas begitu saja, bukanlah merupakan barang baru bagi salesperson.

Dalam penelitian bisnis dari The American College menyebutkan, bahwa peluang lead melakukan pembelian pada kesempatan pertama memang cenderung kecil. Namun demikian, peluang lead untuk melakukan pembelian pada kesempatan kedua atau ketiga menjadi sangat besar kemungkinannya. Hal ini berarti, tanpa sistem lead management yang baik, sales dapat kehilangan kesempatan hingga 40% dari total penjualan.

Lead management yang baik dilakukan dengan mengikuti terus menerus perkembangan prospek, misalnya dengan melakukan komunikasi lanjutan dalam beberapa bulan setelah dilakukan negosiasi terakhir. Untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan ini, Lead Management Software bisa digunakan.

Lead Management Software merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk merekam data leads yang masuk, sehingga bisa dilakukan prospek lebih lanjut setelah proses negosiasi terakhir. Software ini bukan semata-mata untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan tim sales dan tim marketing, melainkan juga bisa digunakan untuk menganalisa prospek, serta melihat pola sales pipeline dengan sistem yang memudahkan kinerja karyawan.

Dengan menggunakan software semacam ini, para pelaku usaha sudah tidak perlu lagi khawatir kehilangan prospek, karena semua data sudah tersimpan secara terpusat. Sehingga, pada saat prospek lama datang kembali, pihak perusahaan bisa dengan cepat melihat kembali data-data yang lalu untuk mempercepat proses negosiasi yang sebelumnya tidak terjadi penjualan.

Jala.ai merupakan salah satu Lead Management Software yang berbasis cloud, sehingga bisa diakses oleh siapa saja yang terlibat dalam proses penjualan. Mulai dari marketing, sales, leader, hingga customer service bisa bekerja sama dalam memantau leads. Segala yang dapat dipantau dengan JALA adalah performa leads, performa campaign, dan tentu saja termasuk performa tim.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s