Imunisasi Dasar Lengkap, Mencegah Ketidaknormalan dan Menambah Kekebalan

Imunisasi dasar lengkap yakni imunisasi yang semestinya dikerjakan secara rutin dan berjenjang. Program ini diadakan untuk menghasilkan kekuatan bendung tubuh yang kuat sehingga menerima kesehatan tubuh yang optimal. Penyakit ini berpotensi memunculkan abnormalitas pada bayi malah kemungkinan berujung pada kematian.

Ada bagusnya bunda sadar akan program imunisasi dasar lengkap sedini mungkin. Imunisasi bisa membikin bayi yang baru lahir kebal dengan lingkungan baru mereka. Hal ini dikarenakan bayi yang telah lahir tak lagi mempunyai kekebalan tubuh natural yang sebelumnya didapat dari ibu dikala dia masih dalam kandungan.

Berikut 5 tipe vaksin yang semestinya dikasih pada si kecil.

  1. Imunisasi Hepatitis B

Vaksin ini yakni vaksin yang dikasih pertama kali yang berfungsi untuk mencegah penyakit hepatitis B yang rentan terjadi pada bayi. Hepatitis B yakni penyakit yang memunculkan pengerasan pada hati  sehingga menyebabkan kegagalan fungsi hati dan dapat berujung kanker hati.

  1. Imunisasi BCG

BCG atau Bacille Calmette Guerin yakni vaksin yang berfungis untuk mencegah bayi trekena infeksi kuman Mycobacterium Tuberkulosis. Imunisasi dengan vaksin ini bisa mencegah penyakit tuberculosis atau TB, sebab kini tak lagi disingkat sebagai TBC.

  1. Imunisasi Polio

Imunisasi ini terdiri dari 2 tipe yakni polio tetes dan suntik. Vaksin polio tetes ini dikasih sebanyak 4 kali pada bayi berusia  1 bulan, 2 bulan, 3 bulan dan 4 bulan. Walaupun polio suntik cuma dikasih sebanyak 1 kali yakni pada ketika bayi berumur 4 bulan. Imunisasi ini berfungsi untuk mecegah penyakit lupuh layu.

  1. Imunisasi DPT

Vaksin DPT atau Difteri, Pertusis dan Tetanus dikasih pada bayi untuk mencegah 6 tipe penyakit. Penyakit hal yang demikian yaitu Pneumonia atau radang paru, Hepatitis B, radang selaput otak ataumeningitis, difteri, pertussis dan tetanus.

  1. Imunisasi Campak

Vaksin imunisasi dasar lengkap yang terakhir yakni vaksin campak. Imunisai ini dikasih untuk mencegah penyakit campak pada si kecil yang disebabkan oleh virus. Kecuali itu vaksin campak ini juga berfungsi untuk mencegah penyakit rubella.

Penyakit ini mungkin kelihatan ringan jikalau terjadi pada si kecil. Tapi jikalau menular pada ibu hamil ketika jangka waktu permulaan kehamilan bisa menyebabkan keguguran. Kecuali itu juga memungkinkan bayi menderita penyakit cacat turunan, katarak , tuli ataupun penyakit jantung bawaaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s