Edukasi Anak Agar Makan Teratur

Si kecil memang banyak bermasalah dengan makan. Lalu bagaimana cara edukasi anak agar makan secara tepat dengan menu seimbang? Banyak Ibu yang kesulitan mengatasi permasalahan ini. Ibu sering mengeluh anak yang tidak suka makan, atau tidak suka sayur. Atau ada yang suka makan namun tidak teratur waktunya. Berikut edukasi anak agar mau makan secara teratur yang bisa Anda terapkan.

Edukasi_anak_1

  1. Beri Porsi Kecil

Anak terkadang malas melihat jatah makannya yang diberikan sangat banyak. Untuk menyiasati itu, solusinya dengan makan kecil atau secukupnya. Dengan porsi kecil anak akan lebih tertarik. Apalagi lambung anak kecil juga tidak sebesar orang dewasa. Jangan paksa anak untuk menghabiskan makan dalam jumlah yang sangat besar.

  1. Beri Reward

Edukasi anak agar makan teratur adalah reward. Reward jangan sesuatu yang akan merugikan si kecil. Beri si anak kesempatan untuk bermain, atau dibelikan sebuah buku yang bermanfaat. Sesekali Ibu dapat membelikan anak makanan kesukaannya yang pastinya aman.

  1. Sajikan dengan Menarik

Anak kecil suka dengan sesuatu yang menarik. Bisa jadi bunda kurang memberikan sajian yang menarik untuk si kecil. Kalau ingin edukasi anak makan sayur dan ikan, beri makanan hiasan yang lucu dan menarik. Dengan begitu anak bisa makan tanpa harus dirayu-rayu. Kebutuhan gizinya akan tetap terpenuhi.

  1. Kondisi Makan yang Menyenangkan

Jangan ancam anak saat menolak untuk makan. Beri kondisi yang aman dan menyenangkan. Jika anak dipaksa dia akan trauma. Sebaliknya, orangtua harus fun dan memberikan stimulus yang baik kepada anak. Edukasi anak dengan cara ini juga akan mendekatkan emosi keduanya. 

  1. Buat Cemilan yang Sehat

Anak-anak sangat suka dengan cemilan atau jajanan pinggir jalan. Untuk mengurangi hal itu, ada baiknya Ibu pintar-pintar membuat cemilan sehat dan enak. Dengan begitu anak akan malas jajan di luar. Makanan sehat pun terjamin kesehatannya.

Nah itulah beberapa tips edukasi anak yang susah makan atau susah makanan sehat. Dengan cara di atas, Ibu bisa berusaha lagi agar asupan gizi si kecil seimbang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s