Doa melakukan perjalanan dan bepergian

Hidup sangat berkaitan dengan perjalanan, setiap orang pasti pernah bepergian dari suatu tempat ke tempat lainya dan alangkah baiknya kita selalu membaca doa bepergian supaya selalu dalam lindungan Allah SWT.

Saat melakukan perjalanan, tentu saja terbesit sebuah harapan supaya kita bisa sampai ke tempat tujuan dengan aman dan selamat. Karena, dalam perjalanan kita tak akan pernah tahu hal apa saja yang akan terjadi. Oleh sebab itu, kita wajib menyediakan sejumlah persiapan yang bisa melancarkan dan juga membantu perjalanan kita.

Sebagai seorang umat Islam tentu saja ada hal-hal yang tak boleh dilupakan ketika akan melakukan perjalanan baik itu jalan kaki maupun menggunakan kendaraan. Doa bepergian akan menjadi sebuah pelindung yang paling baik untuk umat Islam. Dengan membaca doa kita seolah-olah seperti meminta izin kepada Allah SWT atas hal apa saja yang akan kita lakukan.

Berikut ini beberapa macam doa saat melakukan perjalanan:

  • Doa bepergian jauh
    Jika anda yang ingin melakukan sebuah perjalanan yang jauh, maka anda sebaiknya membaca doa bepergian berikut ini:

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ

Allohumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli

Artinya: “Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam berpergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga”.

  • Doa ketika melakukan perjalanan menggunakan kendaraan

اَللَّهُ اَكْبَرُ اَللَّهُ اَكْبَرُ اَللَّهُ اَكْبَرُ سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِى سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِى الأَهْلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِى الْمَالِ وَالأَهْلِ

“Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Maha suci Dzat yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Rabb kami. Ya Allah… sesungguhnya kami memohon kepadaMu kebaikan, taqwa dan amal yang Engkau ridhai dalam perjalanan kami ini. Ya Allah, mudahkanlah segala urusan dalam perjalanan kami ini, pendekkanlah jarak dari jauhnya bepergian dan pengganti bagi keluarga yang kami tinggalkan. Ya Allah Engkau adalah teman dalam perjalanan dan wakil dalam keluarga. Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari kesulitan dalam bepergian, pemandangan yang menyedihkan dan jeleknya kembali baik bagi harta maupun keluarga kami.” (HR. Muslim).

Baca juga : Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s